Fenomena

Assalamu’alaikum wr wb

Di daerah eks karesidenan Surakarta, yaitu Kabupaten Sragen, Wonogiri, Boyolali, Klaten, Karanganyar dan Solo sendiri ada suatu taklim yang cukup menarik. Taklim tersebut menggunakan sarana gelombang radio yang dialokasikan untuk kegiatan amatir radio (ORARI), dan memang sebagian anggota taklim adalah anggota ORARI.

Kemunculan pertama sebetulnya sudah bebarpa tahun yang lalu, tetapi belum pernah dipublikasikan. Secara rutin setiap pagi kegiatan diisi dengan taussyiah dari bebarapa nara sumber, dimulai sejak lepas sholat shubuh dengan absen diantara para anggota/ mustami’in dilajutkan dengan pembacaan makalah dll.

Hari Senin diisi dengan Tafsir, Selasa disii dengan masalah Tarbiyah, hari Rabu diskusi bebas mngenai tauhid, dan seterusnya.

Taklim ini menyebut dirnya dengan IKPU yaitu singkatan dari Ikatan Keluarga Pengajian Udara. Organisasinya sangat cair karena terdiri dari anggota yang berasal dari semua kalangan, aliran dan profesi, yang penting sambil menyalurkan hobi bereksperiman dengan radio dan tertarik dengan perkembangan dakwah.

Yang patut diacungi jempol adalah, peserta diskusi secara istiqomah dan teratur mengikuti kajian yang diadakan oleh pengurus. Isi kajian sesuai dengan ahlul sunnah wal jama’ah, sejalan dengan salafus sholeh, walaupun kadang-2 muncul adu argumentasi yang cukup serius namun  selalu bisa diselesaikan dengan baik.

Anda yang tinggal disekitar Solo, jika tertarik untuk mengikuti silahkan bergabung di freqwensi 144.020 Mhz.

Wassalamu’alikum wr wb

~ by islamthetruth on 25/12/2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: