Thai’fah Manshurah

Kelompok yang Dijanjikan

وَمِمَّنْ خَلَقْنَا أُمَّةٌ يَهْدُونَ بِالْحَقِّ وَبِهِ يَعْدِلُونَ (١٨١)181.

dan di antara orang-orang yang Kami ciptakan ada umat yang memberi petunjuk dengan hak, dan dengan yang hak itu (pula) mereka menjalankan keadilan. (Al-A’raf : 181)

هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ عَلَيْكَ الْكِتَابَ مِنْهُ آيَاتٌ مُحْكَمَاتٌ هُنَّ أُمُّ الْكِتَابِ وَأُخَرُ مُتَشَابِهَاتٌ فَأَمَّا الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ زَيْغٌ فَيَتَّبِعُونَ مَا تَشَابَهَ مِنْهُ ابْتِغَاءَ الْفِتْنَةِ وَابْتِغَاءَ تَأْوِيلِهِ وَمَا يَعْلَمُ تَأْوِيلَهُ إِلا اللَّهُ وَالرَّاسِخُونَ فِي الْعِلْمِ يَقُولُونَ آمَنَّا بِهِ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ رَبِّنَا وَمَا يَذَّكَّرُ إِلا أُولُو الألْبَابِ (٧)

7. Dia-lah yang menurunkan Al kitab (Al Quran) kepada kamu. di antara (isi) nya ada ayat-ayat yang muhkamaat. Itulah pokok-pokok isi Al qur’an dan yang lain (ayat-ayat) mutasyaabihaat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, Maka mereka mengikuti sebahagian ayat-ayat yang mutasyaabihaat daripadanya untuk menimbulkan fitnah untuk mencari-cari ta’wilnya, Padahal tidak ada yang mengetahui ta’wilnya melainkan Allah. dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: “Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyaabihaat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami.” dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal. ( Ali ‘Imran : 7).

“Akan senantiasa ada diantara umatku sekelompok kaum yang

tampil, sehingga datang kepada mereka ketetapan Allah,

sehingga mereka dalam keadaan unggul”

(HR Al Bukhari dan Muslim)

Sejak 14 abad yang lalu, Rasulullah SAW telah mengisyaratkan terjadinya ‘iftiraq’ (perpecahan) dalam tubuh umat Islam. Bahkan beliau sudah meamstikan hanya ada satu golongan yang selamat dari 73 kelompok, yaitu ‘Firqah Najiyah’. Pada saat yang sama Rsulullah SAW juga menjanjikan akan munculnya ‘thaifah manshurah’ dari umat ini, sebagai golongan yang akan senantiasa eksis, menang dan memperoleh pertolongan Allah Azza wa Jalla dalam menegakkan kalimatullah.

Perdebatan tentang siapakah golongan umat Islam yang berhak mendapatkan janji sebagai “Golongan yang Selamat” dan “Kelompok yang Dimenangkan” sampai saat ini masih berlangsung. Banyak kelompok  yang merasa dirinyalah kelompok yang selamat, pada saat yang sama mereduksi kelompok lain dengan sebagai sesat bahkan kafir.

Tentu ‘thaifah manshurah’ seperti berita dari Rasulullah Saw, bukan dari penganut ‘ahmadiyah’ maupun penganut “sepilis”, namun kita harus selalu memantapkan iman serta meluruskan akidah sambil mempelajari sumber agama, yaitu Al Qur’an dan Hadits dari Rasulullah, riwayat para sahabat, tabi’in, tabi’ut tabi’in serta salafus sholeh. Tanpa mempelajari itu semua niscaya kita akan tersesat.

Wallahu’alam





~ by islamthetruth on 21/02/2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: